TERNAK SEHAT, WARGA SENANG!

Denasri Wetan, Batang-Kesehatan dan kebersihan ternak menjadi kunci utama kualitas ternak. Tentunya ternak yang berkualitas akan lebih menghasilkan pemasukkan yang lebih banyak. Kebersihan menjadi masalah utama di denasri wetan. Sampah berserakan dan sanitasi pun perlu dibenahi. Tim II Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro mengunjungi beberapa peternakan bebek dan kambing di Desa Denasri Wetan. Pengetahuan peternak sangat minim mengenai kebersihan dan kesehatan ternak. Sampah berserakan di sekitar kandang. Sanitasi pun sangat minim di sekitar kandang, yang berarti limbah kotoran dan pakan ternak tertimbun sehingga menimbulkan bau tidak sedap dan dapat mengganggu kesehatan ternak. Tim mahsiswa dari peternakan Undip membenahi hal ini dengan edukasi dan mempraktikan langsung sebagai percontohan bagaimana cara menjaga kebersihan dan sanitasi kandang ternak.

Pemeriksaan kesehatan dari beberapa kandang pun dilakukan. Terdapat masalah utama bagi peternak bebek, yaitu penyakit New Castle Disease (ND) yang menyebabkan puluhan ternak mati. Penyakit ini ditandai dengan gejala kepala bebek berkeliuk-keliuk memutar tanpa bisa dihentikan dan mata memerah. Bebek kehilangan kesadaran untuk kemudian mati. Penyakit ini sangat menular antar unggas dan harus dicegah dengan vaksin secara berkala. Tim mahasiswa melakukan edukasi bagaimana penganganan ternak yang terkena ND dan kapan bisa mengisi kembali kandang ternak bekas ND.

Sambutan peternak cukup baik mengingat mereka sangat minim pengetahuan dan membutuhkan bantuan dari tim mahasiswa. Diharapkan dengan edukasi dan pemeriksaan kesehatan ternak dapat membantu peternak desa denasri wetan.

Tinggalkan komentar

18 − 1 =