Selingan Program KKN Denasri Wetan: POS ENG TO ENG (Posyandu, Ngaji, To Ngeles)

Denasri Wetan, Batang-Minggu pertama KKN dijadwalkan sebagai minggu survei. Namun di sela-sela survei tersebut tim KKN II Undip Denasri wetan mengikuti beberapa kegiatan warga seperti posyandu dan pengajian rutin. Selain itu, tim KKN membentuk kegiatan positif untuk anak-anak usia pra sekolah dan sekolah dasar berupa les rutin sebagai pengabdian. Sebelum LRK disahkan dan program mono maupun multidisiplin dijalankan, tim KKN denasri wetan melakukan beberapa kegiatan berikut sebagai selingan.

Posyandu Balita dan Skrining Stunting

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya (Depkes, 2018). Stunting dapat dicegah dengan skrining (deteksi dini) dan penanganan segera penderita stunting serta mencegah beberapa faktor terkait penyebab stunting pada balita yang berisiko. Pada posyandu balita yang diadakan rutin kali ini didampingi oleh tim mahasiswa KKN II Undip Denasri Wetan. Kegiatan posyandu yang diadakan di balai desa Denasri Wetan ini terdiri dari pendataan identitas peserta posyandu, pengukuran berat badan, plotting di kurva BB buku KIA, dan pemberian makanan pendamping (MP-Asi) oleh kader dan bidan Intari selaku bidan desa Denasri Wetan.

Pengajian Rutin sebagai Kegiatan Positif Remaja

Suasana khidmat terasa di salah satu rumah warga dusun 1 Denasri Wetan. Acara pengajian rutin anak-anak dan remaja setiap malam minggu hingga saat ini masih aktif dilaksanakan di dusun 1. Kegiatan yang dilakukan berupa mengaji yasin, tahlil, dan berdoa bersama. Kegiatan ditutup dengan kegiatan selingan berupa motivasi atupun kegiatan positif lainnya serta makan bersama. Tim mahasiswa KKN II Undip mendapatkan kesempatan untuk memimpin tahlil dan mengisi kegiatan selingan tersebut.  Tutorial cuci tangan 6 langkah yang dikemas dengan fun menjadi kegiatan selingan malam itu. Games dadakan dengan hadiah satu kali disemprot spray hand-sanitizer memeriahkan tutorial cuci tangan tersebut. Gelak tawa anak-anak peserta pengajian memecah keheningan malam. Sungguh kegiatan positif yang sangat bermanfaat dan patut ditiru oleh perkumpulan remaja lainnya di Desa Denasri Wetan maupun daerah lain.

Les Rutin Meningkatkan Taraf Pendidikan Warga

Antusiasme anak-anak dusun 4 untuk belajar bersama tim mahasiswa KKN II Denasri Wetan patut diacungi jempol. Rentang usia mereka sekitar 3 sampai 10 tahun namun semangatnya luar biasa tinggi. Materi les yang diberikan menyesuaikan rentang usia anak-anak masing-masing kelompok belajar tersebut. Mewarnai gambar kapal, fauna laut, hewan ternak,  serta tanaman menjadi media pengenalan berbagai fauna, flora dan kapal laut yang dapat membuka wawasan mereka mengenai hal-hal yang ada di sekitar mereka. Selain itu kelompok yang usianya lebih tinggi mendapatkan pembelajaran menghitung dan bahasa inggris. Adapun kegiatan rutin les Denasri Wetan dilakukan setiap senin dan kamis sore di posko tim mahasiswa KKN II Denasri Wetan. Les ini memang tidak dimasukkan ke dalam program multi, hanya sebagai bentuk pengabdian tim mahasiswa KKN II Undip Desa Denasri Wetan yang melengkapi program inti mono dan multi dispilin yang akan dilaksanakan di waktu selanjutnya. Diharapkan dengan les ini dapat meningkatkan pengetahuan dan taraf pendidikan dari warga Denasri Wetan.  (Tim mahasiswa KKN II Undip Desa Denasri Wetan)

Tinggalkan komentar

three × 2 =