Desa Bebel, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan (22/08) Menabung merupakan perilaku yang dapat mengasah manajemen diri pada anak. Anak berusia 8-10 tahun telah mengenal fungsi uang dan mampu mengalokasikan keuangan secara mandiri. Maka dari itu masa SD merupakan waktu yang tepat untuk mengajak anak menyisihkan uang yang dimiliki untuk ditabung.

Mengajak anak menabung tentunya memiliki teknik yang berbeda dengan menghimbau orang dewasa. Mahasiswa Tim II KKN Undip 2018 memiliki cara tersendiri dalam mengajarkan kebiasaan menabung pada anak. Melalui rangkaian kegiatan Nabung, Yuk! yang digagas oleh Yuhana Era Pamela, Tim KKN Desa Bebel menanamkan kebiasaan menabung kepada siswa SDN 01 Bebel.

Kegiatan Nabung, Yuk! ditujukan kepada siswa kelas 4 SDN 01 Bebel. Kegiatan dimulai Rabu (03/08/2018) dengan penyampaian materi menggunakan media video, lagu, dan games. Materi yang disampaikan terdiri dari pengertian menabung, pentingnya menabung bagi diri dan tips agar siswa bersemangat dalam menabung. Antusiasme para siswa begitu tinggi, beberapa siswa bahkan berani tampil kedepan untuk memperagakan kembali lagu yang telah diajarkan. Sebelum mengakhiri pertemuan para siswa diberi PR untuk membawa barang bekas dari rumah masing-masing.

Kegiatan kembali dilanjutkan pada Rabu (10/08/2018). Kali ini, tim Nabung, Yuk! mengajak adik-adik untuk membuat kreasi celengan yang lucu. Barang bekas dari rumah masing-masing akan dirombak menjadi celengan yang menarik, sehingga adik-adik lebih bersemangat untuk terus menabung. Selain barang bekas yang dibawa dari rumah, para siswa dapat mendekorasi celengan karyanya dengan hiasan yang telah disediakan oleh tim KKN. Adik-adik begitu semangat membuat celengan sesuai kreasi mereka, tak jarang tim KKN dibuat gemas melihat tingkahnya. Diharapkan antusiasime yang tinggi ini dapat dilanjutkan menjadi kebiasaan menabung hingga dewasa.

 

Penulis : Annisa Permatasari (F.Psi), Yuhana Era Pamela (FEB)

Kenalkan Menabung Sejak Dini, Mahasiswa Undip Ajak Siswa SD Bebel Kreasikan Celengan Sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bingung? Hubungi Kami